Exclusive Research Camp 6 for Internal Lecturer of Tazkia Islamic University College

Menjadi mitra sejati dalam mengeksplorasi kebenaran Islam dalam dunia ekonomi, bisnis, manajemen dan pemberdayaan masyarakat.

Exclusive Research Camp 6 for Internal Lecturer of Tazkia Islamic University College

Juni 26, 2020 Kegiatan 0

 RESEARCH CAMP 6

for Internal Lecturer of Tazkia Islamic University College

 

Alhamdulillah, pada Kamis, 25 Juni 2020/ 4 Dzulqa’dah LPPM telah melaksankan kegiatan “Exclusive Research Camp 6 for Internal Lecturer of Tazkia Islamic University College”Kegiatan ini berlangsung dari Pukul 08.00 – 16.00 dan diawali oleh pembacaan 5T yang dipimpin oleh Bapak Fadhli Suko Wiryanto, S.Pd, M.Si selaku Sekretaris Program Studi Tadris IPS IAI Tazkia.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dr. Mukhammad Yasid, M.Si selaku Direktur LPPM Tazkia dan Ibu Ries Wulandari, M.Si selaku Kepala Bidang Penelitian dan Publikasi LPPM Tazkia. Dimana pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa Dosen- Dosen IAI Tazkia harus terus berkarya danharapannya kegiatan Research Camp 6 dapat membantu para dosen dalam proses penyelesaian penelitian hingga publikasi jurnal.

 

Exclusive Rseserach Camp 6 diisi oleh para trainer handal di bidang penelitian daan publikasi ilmiah, yakni

  1. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP. (Rektor IAI Tazkia, ORCID org:0000-0002-7807-7628, Scopus ID: 57008083900).
  2. Sugiyarti Fatma Laela, M.Buss. Acc., CMA. CIBA (Wakil Rektor 2 IAI Tazkia, ORCHID. Org /0000-0002-6637-0317, Scopus ID: 57202717799).
  3. Achmad Firdaus, M.Si., AAAIJ (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Tazkia, ORCHID. Org/000-0001-6059-3387, Scopus ID: 57210324252).

Ibu Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP. yang akrab dengan sapaan Madam Ani, memaparkan dan mempraktikkan tentang cara menulis jurnal yang baik agar dapat diterima di jurnal nasional ataupun internasional.

Pemaparan dari Trainer ke-2 yaitu Ibu Dr. Sugiyarti Fatma Laela, M.Buss. Acc., CMA. CIBA menjelaskan tentang pengalaman beliau dalam publikasi jurnal yang dilakukan baik nasional ataupun internasional. Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan trik dan tips yang dilakukan agar paper kita dapat diterima. Mulai dari pemilihan judul, tema yang sesuai. kesesuaian teori dan metodelogi penelitian, pencantuman gambar yang merupakan nilai tambah dari penilaian. Dan yang terpenting memahami manuskrip.

Ibu Dr. Sugiyarti Fatma Laela, M.Buss. Acc., CMA. CIBA  juga menjelaskan hal yang penting dalam pembuatan kesimpulan penelitian (Conclusion), diataranya:

  1. Pratical Implication
  2. Future Implication
  3. Kelemahan penelitian yang dimiliki (karena penelitian yang baik adalah penelitian yang menyebutkan kelemahannnya untuk dilakukan penelitian lanjutan oleh peneliti lainnya.

Kemudian, pemaparan materi dari trainer ke-3 yakni, Bapak  Dr. Achmad Firdaus, M.Si., AAAIJ. Beliau menjelaskan tentang bagaimana sebagai dosen dalam membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan kepenulisan tugas akhir. Jika diuraikan, maka tata cara memberikan bimbingan kepada mahasiswa adalah sebagai berkut:

  1. Menuliskan Pendahuluan Penelitian (Introduction), ada beberapa tips dan trik dari beliau:

*Memperkenalkan penelitian kepada pembaca

*Memberikan gambaran yang menarik

*Tujuan penelitian yang dilakukan (Pertanyaan penelitian dan hipotesis disajikan dalam pendahuluan (introduction) atau latar belakang (background) yang akan di review di bagian literature review dan analisis.

*Dan yang perlu diperhatikan juga yaitu: Meningkatkan keywors discoverability, judul penelitian tak boleh disingkat.

  1. Literatur yang digunakan dalam penelitian yanitu 10 tahun terakhir dan teorinya harus mendukug variabel penelitian.
  2. Analisis/ Review

 

Hal yang dilakukan untuk submision:

Kepenulisan ditulis sesuai dengan redaksi yang ada. Selanjutnya dikalukan dengan mendownload template jurnal-download 2/3 jurnal yang ada untuk dijadikan acuan-Jurnal, abstrak, keywords sesuai ketentuan menu. (Introduction- literature review-methods-analisis-conclusion). Untuk menulis jurnal terakreditasi Internasinal bisa merujuk kepada scopus apabila ingin kenaikan pangkat menjadi guru besar.

Kemudian, beberapa tips yang disampaikan oleh Bapak Dr. Achmad Firdaus, M.Si., AAAIJ. dalam membimbing mahasiswa yaitu:

  1. Ide penlitian yang menarik
  2. Kebaharuan (novelty) : apa yang membedakan penelitian kita dengan yang lainnya
  3. Penuisan: dibimbing untuk melakukan kepenulisan yang rapih, nyambung dan sesuai dengan apa yang diajarkan
  4. Responsiveness

Kemudian untuk menarik kesimpulan tidak hanya dilakukan dari hasil data yang dioperasikan melainkan bagaimana kita menarik kesimpulan disesuaikan dengan teori yang ada.

Metode Penelitian, yaitu dimulai dari pengumpuan data,pengolahan data, analisis data dan software yang dilakukan. Apabila data kuantitatif maka, harus dilihat variabelnya, jumlah sampel, tahun data dan cvering wilayah. Apabila data kualitatif maka, penting menjelaskan data diperleh, diverivikasi,divalidasi.

Selain pemaparan dari Trainer dan diskusi dengan peserta, kegiatan Research Camp ini juga diisi dengan beberapa presentasi penelitian oleh Bapak Dr. Nur Hendrasto, M.Si., Bapak Afrad Arifin, M.E.Sy, dan Bapak Syamsul Hadi, M.Si.

Demikian rangkaian kegiatan Research Camp 6 for Internal Lecturer of Tazkia Islamic University College. Sampai jumpa di Research Camp Selanjutnya ! 😊

 

Salam,

LPPM Tazkia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *