Friday Literacy “Book Review : Al Amwaal”

Menjadi mitra sejati dalam mengeksplorasi kebenaran Islam dalam dunia ekonomi, bisnis, manajemen dan pemberdayaan masyarakat.

Friday Literacy “Book Review : Al Amwaal”

Agustus 7, 2020 Kegiatan 0

 Alhamdulillah, pada hari Jum’at, 07 Agustus 2020 M/ 17 Dzulhijjah 1441 H telah berlangsung kegiatan Friday Literacy yang merupakan agenda rutin LPPM Tazkia bersama Perpustakaan IAI Tazkia. Friday Literacy kali ini mengkaji Kitab Al Amwaal karangan Abu Ubaid bin Jarrah yang dipaparkan oleh Ust. Nurizal Ismail, MA selaku dosen IAI Tazkia dan Koordinator Pengabdian Mayarakat dari LPPM Tazkia. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.30 sampai 11.00 WIB melalui aplikasi meeting online.

 

Sosok Abu Ubaid terkenal tentang kegemarannya dalam hal menulis. Salah satu bukunya yang terkenal adalah “Al-Amwaal”. Pada Friday Literacy kali ini, pembahasan yang akan dijelaskan terkait pembelian tanah yang dibeli secara paksa (peperangan) dan mengalihkan tanahnya untuk penduduk menjadi tanah kharaj. Sebagaimana dahulu sumber pendapatan Negara bisa di dapatkan melalui hasil dari peperangan atau harta rampasan perang.

Abu ubaid menyebutkan terkait tanah perdamaian, tanah yang bisa diperjual belikan karena masuk ke tanah perjanjian. Selain itu, beliau juga menyebutkan bahwa Jizyah dan kharaj adalah sesuatu yang berbeda, maka ada pernyataan dari ulama yang mengatakan bahwa jika seseorang masuk islam maka ia terlepas dari jizyah akan tetapi ia tetap membayar kharaj.

“Tujuan akhir kita adalah akhirat, maka jadilah hamba sebaik-baiknya”

Wallahu a’lam bissh-shawab

 

Disusun Oleh:

Syara Nur Fatimah

Zahra Shafira

 

Editor:

Dila Pujanah Herman, SE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *