MONDAY FORUM Sharing Session “The Development of Waqf-Based Forest”

Menjadi mitra sejati dalam mengeksplorasi kebenaran Islam dalam dunia ekonomi, bisnis, manajemen dan pemberdayaan masyarakat.

MONDAY FORUM Sharing Session “The Development of Waqf-Based Forest”

July 5, 2021 Kegiatan 0

Agenda Monday Forum kali ini diisi dengan Sharing Session “The Development of Waqf-Based Forest” oleh narasumber kita Bapak  Khalifah Muhamad Ali, M.Si. Beliau merupakan Founder Yayasan Hutan Wakaf Bogor. Acara ini dimoderatori oleh Bapak Nashr Akbar, M.Ec selaku Direktur Pusat Studi Wakaf. Sebelum diskusi dimulai, Bapak Nurizal Ismail, MA sebagai Kepala LPPM Tazkia menyampaikan sambutannya.

Apa itu hutan wakaf? Hutan dibagi menjadi beberapa jenis, ada hutan lindung, hutan produksi, termasuk hutan wakaf. Hutan wakaf yang diwakafkan adalah tanahnya, hutan yang dikembangkan berasal dari tanah wakaf. Tugas nazir yaitu melakukan reboisasi dan penanaman pohon. Hasil dari hutan wakaf dapat dimanfaatkan untuk warga sekitar. Berbagai kerjasama dilakukan seperti dengan Baznas, dibuat program pemberdayaan masyarakat yang dapat dikembangkan antara lain budidaya lebah, eko wisata, agro forest tree dan program lainnya. Selain pemberdayaan, riset terkait hutan wakaf juga telah diterbitkan di jurnal terindeks scopus.

Kegiatan Monday Forum yang dipandu oleh Ibu Aminah Nuriyah, ME (sekretaris LPPM Tazkia) dihadiri oleh 45 peserta yang berasal dari internal IAI Tazkia maupun eksternal. Materi tentang Hutan Wakaf dipaparkan oleh Bapak Khalifah disambut baik oleh peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan menyampaikan langsung tanggapannya. Harapan kami ke depan dosen IAI Tazkia dapat terlibat dalam kegiatan Pemberdayaan Masyarakat terutama terkait lingkungan.

Demikian agenda Monday Forum edisi Senin, 05 Juli 2021/24  Dzulqa’dah 1442 H.

Jazakumullah Khairan Katsir

Link Materi

https://drive.google.com/drive/folders/12cFqNjQYBI0avizsqXPrU58yRSv2DRKC?usp=sharing

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *