Monday Forum “The Case of Riba Addiction in Sumbawa and Its Liberation Effort”

Menjadi mitra sejati dalam mengeksplorasi kebenaran Islam dalam dunia ekonomi, bisnis, manajemen dan pemberdayaan masyarakat.

Monday Forum “The Case of Riba Addiction in Sumbawa and Its Liberation Effort”

July 19, 2021 Kegiatan 0

Agenda Monday Forum pada tanggal 19 Juli, 2021 kali ini diisi dengan Sharing Session “The Case of Riba Addiction in Sumbawa and Its Liberation Effort” oleh narasumber kita Dr(C). Ahlis Fatoni, M.E.Sy. Beliau merupakan Mahasiswa Islamic Banking and Finance (IIUM). Acara ini dimoderatori oleh Mahasiswa S1 Tazkia, M.Y. Ibrahim. Acara ini dihadiri oleh 46 peserta yang berasal dari internal IAI Tazkia maupun eksternal.

Kali ini Monday Forum membahas mengenai riset yang dilakukan oleh Pak Ahlis Fatoni di Kabupaten Sumbawa Barat mengenai lika-liku permasalahan kurangnya minat masyarakat di Sumbawa Barat dalam menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Meskipun memiliki jumlah populasi muslim yang banyak hingga 95%, namun hal ini tidak menjadikan masyarakat lebih tertarik menggunakan pelayanan bank syariah atau koperasi syariah dan jauh lebih tertarik menggunakan jasa lembaga keuangan konvensional untuk meminjam uang dan kebutuhan ekonomi lainnya.

Bahkan survei dari pak Ahlis juga menunjukkan bahwa rata-rata masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat sudah mengetahui mengenai keharaman dan keburukan riba. Keadaan ini diperburuk dengan masih sedikitnya bank dan koperasi syariah yang ada di daerah ini. Hal inilah yang menyebabkan rentenir dari koperasi konvensional semakin merajalela dan meresahkan masyarakat, namun pada sisi lainnya masyarakat sendiri sangat sulit terlepas dari kecanduan meminjam uang kepada rentenir. Pada Monday Forum kali ini pak Ahlis membahas akar permasalahan ini, dipaparkan secara terperinci dengan data-data yang akurat, hingga solusi apa saja yang pak Ahlis berikan untuk menyembuhkan kecanduan riba pada masyarakat Sumbawa Barat.

Materi yang dipaparkan oleh Bapak Ahlis Fatoni disambut baik oleh peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan menyampaikan langsung tanggapannya.

 

Demikian agenda Monday Forum edisi Senin, 19 Juli 2021/ 09  Dzulhijjah 1442 H.

 

Jazakumullah Khairan Katsir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *