Presentasi Laporan Hasil Penelitian Dosen IAI Tazkia

Menjadi mitra sejati dalam mengeksplorasi kebenaran Islam dalam dunia ekonomi, bisnis, manajemen dan pemberdayaan masyarakat.

Presentasi Laporan Hasil Penelitian Dosen IAI Tazkia

Maret 17, 2020 Kegiatan 0

Alhamdulilah segala puji bagi Allah SWT yang telah mensukseskan kegiatan Monday Forum  dengan tema pada 16 Maret 2020 M/ 21 Rajab 1441 H. Monday Forum tersebut diisi dengan kegiatan presentasi laporan hasil penelitian oleh beberapa dosen IAI Tazkia. Kegiatan ini bertempat di perpustakaan Insitut Agama Islam Tazkia.

Adapun beberapa laporan Penelitian yang dipresentasikan adalah:

1.Apakah Ketidakmurniaan Syariah Berpengaruh Terhadap Kinerja Perbankan Syariah? oleh Abdul Mughni, Lc., M.H.I dan Sulhani, S.E.I., M.Ak.

2. Apakah Top Manajemen Berperan dalam Pengungkapan Risiko Perbankan Syariah Dengan Pemoderasi Keahlian Komite Audit? oleh Sulhani, S.E.I., M.Ak. & Siti Khomsatun, M.Ak

3. Praktik Bank Infaq: Tinjauan Kritis Perspektif Fiqh Muamalah (Practice of Bank Infaq: a Critical Review from Islamic Jurisprudence Perspective) oleh Dr. Erwandi Tarmizi Anwar, MA & M. Maulana Hamzah S.EI, MM

Ada temuan menarik pada penelitian pertama yakni terjawabnya pertanyaan penelitian terkait ketidakmurniaan syariah berpengaruh terhadap kinerja perbankan syariah. namun, perlu dielaborasi lagi terkait penerimaan dana non halal. Hal ini disampaikan oleh para reviewer, yakni Dr. Achmad Firdaus, M.Si., AAAIJ  dan Ries Wulandari, M.Si.

Kemudian, temuan menarik pada penelitian yang kedua dijelaskan bahwa top manajemen berperan dalam penungkapan manajemen risiko perbankan syariah khususnya terkait dengan demografi masa jabatan dan pengalaman dibidang manajemen risiko. Sedangkan demografi gender atau semakin tinggi rasio gender perempuan dalam top manajemen akan menurunkan tingkat pengungkapan risiko diperbankan syariah. Padahal, menurut reviewer Tutut Adiningsih, M.Si. perempuan cenderung bersikap jujur dan terbuka ketika menghadapi suatu hal.

Selanjutnya, temuan menarik pada penelitian ketiga yakni sudah mulai berkembangnya Bank Infaq di Indonesia sejak didirikan tahun lalu, April 2019. Menurut reviewer ust. Abdul Mughni, Lc., M.H.I, perlunya elaborasi terkait permasalahan NPF Bank Infaq di Indonesia.

Dengan diadakannya kegiatan ini, semoga dapat memperluas serta menambah pengetahuan dosen dan mahasiswa/i Institut Agama Tazkia.

Organized by :
Institute of Research and Community Empowerment

www.lppmtazkia.ac.id
www.tazkia.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *