Webinar Ilmu Waris Membuka Rangkaian Pelatihan Serba-Serbi Hukum Waris di Indonesia dan Hukum Waris Islami

Menjadi mitra sejati dalam mengeksplorasi kebenaran Islam dalam dunia ekonomi, bisnis, manajemen dan pemberdayaan masyarakat.

Webinar Ilmu Waris Membuka Rangkaian Pelatihan Serba-Serbi Hukum Waris di Indonesia dan Hukum Waris Islami

April 13, 2021 Kegiatan 0

Pada hari Minggu 11 April 2021/28 Sya’ban 1442 H, pk.08.00 – 11.30 WIB, LPPM Institut Agama Islam Tazkia dan Pusat Studi Waris Tazkia bersama Sakinah Finance melakukan kegiatan seminar mengenai ilmu waris yang dibuka gratis kepada publik secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP selaku Rektor Institut Agama Islam Tazkia dan Founder Sakinah Finance, Bapak ust. Muhammad Isa Mustafa, M.E.I selaku Direktur Pusat Studi Waris Tazkia, Bapak Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M. Hum., M.M selaku Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, dan Bapak Tri Djoko Santoso, CFP selaku chairman FPSB Indonesia.

 

Kegiatan webinar ilmu waris ini merupakan pembukaan dari rangkaian “Pelatihan Ilmu Waris: Serba-Serbi Hukum Waris di Indonesia dan Hukum Waris Islami”. Pelatihan Ilmu Waris ini akan diadakan pada setiap akhir pekan selama bulan April 2021, yaitu pada tanggal 17-18 April/ 5- 6 Ramadhan 1442 H dan 24-25 April / 12-13 Ramadhan 1442 H. Kegiatan ini dilakukan mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Adapun tujuan perbengkelan selama 20 jam ini adalah untuk: mengenalkan berbagai jenis hukum waris yang ada di Indonesia kepada peserta, yang difokuskan pada praktik hukum waris Islam (faraidh), contoh kasusnya, dan cara pendistribusian harta waris; memberikan bekal agar lebih cerdas dalam perencanaan keuangannya dan kaitannya dengan hukum waris di Indonesia dan hukum faraidh; mengupas kasus sengketa dan solusinya untuk menjadi bahan rujukan bagi peserta dan keluarga.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Aminah Nuriyah selaku MC yang bertugas. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Al-Quran dan sambutan Direktur Pusat Studi Waris Tazkia, Bapak ust. Muhammad Isa Mustafa, M.E.I. yang berisi ucapan terimakasih kepada para peserta yang telah hadir atas antusiasmenya mengikuti webinar ilmu waris dan mengingatkan bahwa manusia perlu terus belajar termasuk mempelajari ilmu waris yang merupakan ilmu penting dalam hidup manusia. Setelah itu kegiatan diisi oleh panitia webinar dengan memberikan kuis melalui Kahoot.it selama ±15 menit untuk menguji pemahaman tentang ilmu waris Islam kepada para peserta. Selanjutnya kegiatan diisi oleh Rektor Institut Agama Islam Tazkia dan Founder Sakinah Finance, Ibu Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP sebagai moderator dan penyampaian materi oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Yang Mulia Bapak Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M. Hum., M.M mengenai hukum waris positif, kompilasi hukum Islam, hukum faraidh. Di akhir pemaparan pemateri pertama, moderator menyimpulkan pertanyaan-pertanyaan peserta terkait kasus waris untuk dibahas secara ringkas oleh pemateri.

 

Setelah itu diikuti sesi materi kedua yang disampaikan oleh chairman FPSB Indonesia, Bapak Tri Djoko Santoso, CFP mengenai peranan perencana keuangan dalam menyelesaikan sengketa waris. Di sini juga dibahas tentang hukum waris secara global (civil law & common law). Baik pemateri pertama dan kedua sama-sama menyambut baik kegiatan pelatihan ilmu waris yang diadakan oleh LPPM Institut Tazkia dan Sakinah Finance ini.

 

Terakhir sebelum webinar ditutup, pakar ekonomi syariah Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec, meyampaikan pesan singkat melalui video yang menekankan bahwa wealth planning khususnya wealth distribution dalam Islam telah diatur secara rinci dan sangat jelas, maka dalam pelatihan waris nanti para narasumber akan segera membagikan serba-serbi ilmu waris atau ilmu faraidh ini kepada para peserta pelatihan. Akhirnya acara Webinar Ilmu Waris ditutup dengan pembacaan doa oleh panitia dan MC mengingatkan kembali kepada peserta mengenai rangkaian pelatihan waris yang akan diikuti pekan depan.

Materi Training Waris Day 1-1-25

Materi Training Waris Day 1-26-49

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *