Pusat Studi Halal (Halal Center)

Menjadi mitra sejati dalam mengeksplorasi kebenaran Islam dalam dunia ekonomi, bisnis, manajemen dan pemberdayaan masyarakat.

Profil Halal Center Tazkia

Pusat Studi Halal (Inggris: Halal Center) atau dikenal sebagai Halal Center Tazkia adalah sebuah institusi yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat. Secara resmi beroperasional pada 01 Oktober 2020 sebagai bagian dari LPPM Tazkia. Pendirian institusi ini adalah bentuk pengabdian perguruan tinggi Institut Agama Islam Tazkia terhadap masyarakat sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Halal Center Tazkia serta realisasi penerapan Undang-Undang No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Secara resmi, Halal Center Tazkia beroperasional sebagai institusi penyelia halal yang menaungi umkm, startup, hingga perusahaan-perusahaan besar yang hendak melakukan sertifikasi halal pada produk miliknya.

Berdirinya Halal Center Tazkia dipelopori oleh 5 (lima) orang penyelia bersertifikasi yang dimiliki oleh Institut Agama Islam Tazkia dan telah lama mengabdi untuk negeri ini. Kelima pelopor itu antara lain;

  • Dr. Mukhamad Yasid, M.Si. – Direktur Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM)
  • Assoc. Prof. Dr., Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP – Rektor Institut Agama Islam Tazkia
  • H. Syaripudin – Direktur Andalusia Islamic Center Sentul City
  • Ir. Mirna Rafki, M.M. – Founder Yayasan Tazkia Cendekia
  • Dr. Indra, M.Si. – Direktur Pusat Studi Halal LPPM Tazkia

Diresmikan pada Senin, 17 Juni 2019. Peresmian ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) kementerian Agama Republik Indonesia tentang jaminan produk halal dan pengembangan kelembagaan. Yang secara langsung ditandatangani oleh Kepala BPJPH, Prof. Ir. Sukoso, M.Sc., Ph.D dan Rektor Institut Agama Islam Tazkia, Assoc. Prof. Dr., Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP. Disaksikan langsung oleh Dewan Pembina Yayasan Tazkia Cendekia, Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec dan Direktur Pusat Studi Halal STEI Tazkia, Dr. Indra, M.Si. Sekretariat Halal Center Tazkia berlokasi di Gedung Mukhamad Yasid, Jl. Ir. H. Djuanda No.78 Sentul City Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 (Sedang direnovasi). Sekretariat sementara berlokasi di Ruang LPPM, Lt.2 Institut Agama Islam Tazkia Sentul City.

Visi, Misi dan Slogan Halal Center Tazkia

Visi Halal Center Tazkia

“Membantu Masyarakat Indonesia Menuju Sertifikasi Halal”

Misi Halal Center Tazkia

  1. Memberikan pengenalan dan pelatihan tentang halal kepada masyarakat
  2. Menyiapkan kader yang siap mengabdi untuk membantu masyarakat dalam sertifikasi halal
  3. Mendampingi umkm, startup dan perusahaan dalam mendaftarkan sertifikasi halal
  4. Mendampingi umkm, startup dan perusahaan dalam mengelola, menjaga, serta mengembangkan kualitas halal pada produknya

Slogan atau Motto

“Halal Center Tazkia – Hadir untuk Halalkan Indonesia”