Tujuan dari penelitian ini untuk mencari tau pengaruh motivasi, pengetahuan, dan aspek syariah terhadap kesiapan pelaku UMKM dalam memasuki era digital, terkhususnya para pelaku usaha mikro di wilayah Kabupaten Bogor. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan sample Cluster Random Sampling. Penelitian dilakukan dengan menyebar angket yang berisikan beberapa pernyataan terkait variabelvariabel yang ditentukan yang kemudian dijawab oleh pelaku UMKM dengan pernyataan sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, dan sangat setuju. Pada penelitian ini ditemukan bahwa: (1) variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kesiapan, (2) variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kesiapan, (3) variabel aspek syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan variabel.
Penelitian
Analisis Pengaruh Motivasi, Pengetahuan, dan Aspek Syariah terhadap Kesiapan UMKM Memasuki Era Digital
Abstrak
Keyword
industry 4.0, MSMEs, Digital, Entrepreneurship, Social Media
Sitasi
-