• Home
  • Publikasi
  • Determinan Islamic Social Report Disclosure Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Penelitian

Determinan Islamic Social Report Disclosure Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Tanggal Publikasi: 26 Des 2022

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, muslim di dewan direksi, wanita di dewan direksi, usia perusahaan, kepemilikan asing, efek syariah perusahaan, profitabilitas, likuiditas, leverage, terhadap pengungkapan Islamic Social Report pada industri barang konsumsi yang terdaftar di Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) dalam rentang tahun 2011-2017. Sampel terdiri dari 23 industri barang konsumsi yang terdaftar di Indeks Syariah Indonesia (ISSI) rentang waktu 2011-2017. Laporan tahunan dianalisis dengan content analysis dan Model Analisis Regresi Data Panel digunakan untuk menguji hipotesis. Analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, usia perusahaan, profitabilitas, berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Report (ISR) pada industri barang konsumsi. Sementara itu, muslim di dewan direksi, wanita di dewan direksi, kepemilikan asing, efek syariah perusahaan, likuiditas, leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Report pada industri barang konsumsi.

Keyword

Islamic social reporting, pengungkapan, industry.