• Home
  • Berita
  • Inovasi Teknologi dalam Proses Penelaahan Jurnal: Menuju Kecepatan dan Akurasi

Inovasi Teknologi dalam Proses Penelaahan Jurnal: Menuju Kecepatan dan Akurasi

admin 10 Nov 2023

Inovasi teknologi dalam proses penelaahan jurnal untuk Menuju kecepatan dan akurasi   dapat memanfaatkan eksistennsi dari teknologi-teknologi berikut ini:

 

1.Sistem Penilaian Otomatis: Penggunaan kecerdasan buatan untuk penilaian awal artikel dapat mengidentifikasi relevansi, keaslian, dan kualitas secara cepat, mempercepat proses peninjauan sejawat.

2.Analisis Sentimen Sejawat: Teknologi analisis sentimen digunakan untuk mengukur respons emosional dari para penilai terhadap artikel, membantu mengidentifikasi aspek-aspek yang mungkin memerlukan perhatian lebih lanjut.

3.Teknologi Blockchain untuk Keamanan Peer Review: Penggunaan blockchain dapat memastikan keamanan dan integritas proses peer review, dengan memberikan catatan transparan dan tidak dapat diubah tentang setiap tahap penelaahan.

4.Sistem Manajemen Proses Penelaahan Daring: Platform daring yang terintegrasi memungkinkan penyunting, penulis, dan penilai untuk berkolaborasi secara real-time, mempercepat pertukaran informasi dan umpan balik.

5.Penggunaan Algoritma Pencocokan Penilai: Algoritma canggih dapat digunakan untuk mencocokkan artikel dengan penilai yang memiliki keahlian dan minat yang sesuai, meningkatkan relevansi dan akurasi penilaian.

6.Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Analisis Data: Dalam bidang penelitian yang melibatkan data kompleks, AR dapat digunakan untuk menyajikan data dalam format yang mudah dipahami, membantu penilai dalam membentuk pandangan yang lebih baik.

7.Penggunaan Teknologi NLP (Natural Language Processing): Teknologi NLP dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bahasa teknis dalam artikel, memastikan konsistensi dan kejelasan dalam komunikasi ilmiah.

8.Pemfilteran Otomatis untuk Plagiarisme: Sistem otomatis dapat memeriksa kemungkinan plagiarisme dengan cepat, memastikan keaslian artikel dan mencegah penulis ganda atau praktik tidak etis lainnya.

9.Analisis Kualitas Statistik dan Metodologi: Algoritma dapat digunakan untuk menganalisis metode penelitian dan statistik yang digunakan, membantu memastikan keakuratan dan kredibilitas metodologi yang diterapkan.

10Teknologi Machine Learning untuk Prediksi Dampak: Algoritma machine learning dapat digunakan untuk memprediksi potensi dampak sebuah artikel, membantu penyunting dalam memprioritaskan artikel yang memiliki kontribusi signifikan.

 

Inovasi teknologi dalam proses penelaahan jurnal bukan hanya mengarah pada peningkatan kecepatan, tetapi juga pada peningkatan akurasi dan kualitas proses tersebut. Dengan pemanfaatan teknologi canggih, dunia penelaahan jurnal terus bergerak menuju efisiensi dan ketepatan yang lebih besar.

Anda Mungkin Suka

Tren Terkini dalam Penerbitan Jurnal: Menguak Dinamika Publikasi Ilmiah

Tren Terkini dalam Penerbitan Jurnal: Menguak Dinamika Publikasi Ilmiah

Akses Terbuka (Open Access) adalah Tren meningkatnya akses terbuka terus mendominasi, di mana semakin banyak jurnal beralih ke model ini untuk meningkatkan visibilitas penelitian dan memastikan akses universal ke informasi ilmiah.

Prakondisi Data (Preprints) adalah  Semakin banyak peneliti memilih untuk membagikan prakondisi data atau pra-cetak sebelum publikasi formal. Ini memungkinkan pertukaran ide dan umpan balik sejawat sebelum artikel secara resmi dipublikasikan.

Peer Review Terbuka adalah  Beberapa jurnal mengadopsi praktik peer review terbuka, di mana proses penelaahan sejawat menjadi transparan, dan identitas penilai dan penulis dapat diakses oleh publik. Ini bertujuan meningkatkan akuntabilitas dan kualitas penelaahan.

Jurnal Praregistrasi (Registered Reports) adalah  Format ini memungkinkan peneliti untuk mendaftarkan rencana penelitian mereka sebelum mengumpulkan data. Ini dapat membantu mengurangi bias dalam publikasi dan mendorong transparansi dalam metode penelitian.

Teknologi Blockchain untuk Integritas Penelitian adalah  Penggunaan teknologi blockchain mulai diterapkan untuk memastikan integritas data penelitian, melacak perubahan, dan memberikan jaminan keaslian dalam penerbitan jurnal.

Penyuntingan Kolaboratif adalah  platform menyediakan ruang kerja penyuntingan kolaboratif secara daring, memungkinkan penulis, penelaas, dan penyunting untuk berkolaborasi dalam real-time untuk meningkatkan kualitas naskah.

Integrasi Multimedia adalah Penerbitan jurnal semakin mengintegrasikan elemen multimedia seperti gambar, video, dan data interaktif untuk meningkatkan pengalaman pembaca dan memfasilitasi pemahaman yang lebih baik.

Membangun Komunitas Daring adalah Beberapa jurnal menciptakan komunitas daring di sekitar artikel mereka, memungkinkan pembaca untuk berdiskusi, berbagi ide, dan terlibat dalam dialog ilmiah di luar batas tradisional artikel.

Peninjauan Publik (Public Peer Review) adalah  Beberapa jurnal menyertakan aspek peninjauan publik, di mana artikel dapat dilihat oleh khalayak luas untuk memberikan umpan balik sebelum atau setelah proses penelaahan sejawat.

Pengukuran Dampak Alternatif (Alternative Impact Metrics) adalah Selain faktor dampak tradisional, ada peningkatan minat pada pengukuran dampak alternatif, seperti jejak sosial media, penyebutan di media massa, dan jumlah unduhan, untuk menilai pengaruh suatu artikel.

 

Melalui tren-tren ini, penerbitan jurnal terus berevolusi untuk mencerminkan kebutuhan dan tantangan dalam dunia penelitian modern, memungkinkan peneliti untuk lebih efektif berbagi dan mengakses pengetahuan ilmiah.

CALL FOR PAPERS Waraqat Vol. VIII No. 2 Juli - Desember 2023

Jurnal Waraqat kembali membuka kesempatan bagi Penulis, Dosen, dan Pemerhati Bidang Ilmu-Ilmu Keislaman untuk submit karya terbaiknya.

More info: https://waraqat.assunnah.ac.id/index.php/WRQ

CIMA Research Grants – Topic Specific Regional Calls

Please read the guidance notes before completing the application form.

If you need any assistance in completing this form, please contact CIMA research staff at [email protected]. Completed applications should be emailed to this address before the call closing date.

 

More info: https://www.aicpa-cima.com/resources/download/application-for-cima-research-grant-experienced-researchers

4th Call for Proposal: STEG Larger Research Grants

Batas pengajuan proposal Penelitian jatuh pada 19 September 2023, 23:59 BST.

Pengajuan dilakukan melalui https://steg.cepr.org/funding/larger-research-grants-lrgs dengan mengisi template yang berlaku. Untuk proposal yang berkaitan dengan tema Y-RISE, peneliti dapat menggunakan Y-RISE pada bagian kata kunci yang ada pada form pengajuan. Persyaratan ketua peneliti dan sebagainya dapat dicek pada laman berikut:

Persyatan: https://steg.cepr.org/larger-research-grants-lrgs

Kriteria Negara Pengusul: https://steg.cepr.org/larger-research-grants-lrgs

Cara Pengajuan: https://steg.cepr.org/funding/how-apply-online

Persiapan proposal: https://steg.cepr.org/funding/larger-research-grants-lrgs/how-apply-lrg

Surat Pengumuman: STEG LRG 4 Call Text

Panduan Pengusulan: STEG LRG Applicant Guide_2

 

More info: https://research.binus.ac.id/2023/09/4th-call-for-proposal-steg-larger-research-grants/