• Home
  • Publikasi
  • HALAL PRODUK DAN TEORI TINGKAH LAKU PENGGUNA ISLAM: SATU ANALISA NORMATIF

Penelitian

HALAL PRODUK DAN TEORI TINGKAH LAKU PENGGUNA ISLAM: SATU ANALISA NORMATIF

penelitian

  • ISBN: -
  • eISBN: -
  • ISSN: -

Tanggal Publikasi: 13 Agt 2021

Abstrak

Islam telah memberikan tuntunan kepada manusia agar mengkonsumsi dan menggunakan sesuatu yang halal dan terbaik (thayyib). Halal bermakna sesuatu yang boleh untuk dilakukan, digunakan atau dikonsumsi menurut hukum Islam. Oleh karenanya artikel ini mencoba menganalisis hubung kait antara prinsip Halal dengan preferensi tingkah laku pengguna dengan menggunakan analisis normatif. Adakah individu pengguna tertakluk kepada hieraki keperluan terhadap produk halal ataupun sebaliknya. Melalui pendekatan kualitatif dengan reka bentuk kajian deskriptif, artikel ini mendapati bahwa preferensi tingkah laku pengguna sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai agama yang diyakininya. Dan ini sesuai dengan analisis daripada theory planned behaviour. Artikel ini turut melihat bahwa penggunaan atau perbelanjaan harta yang menyampingkan konsep halal dan keperluan tahsiniyyat yang maksima adalah tergolong dalam penggunaan atau perbuatan yang tercela

Keyword

Halal; Produk; Tingkah Laku; Pengguna; Islam; Normatif

Sitasi

Usman, Abur & Possumah, Bayu. (2015). Halal Produk Dan Teori Tingkah Laku Pengguna Islam: Satu Analisa Normatif. 

Link Publikasi
https://www.researchgate.net/publication/353878142_Halal_Produk_Dan_Teori_Tingkah_Laku_Pengguna_Islam_Satu_Analisa_Normatif