• Home
  • Publikasi
  • KECENDERUNGAN LITERASI MEMBACA BUKU DIPERPUSTAKAAN PADA GENERASI Z

Penelitian

KECENDERUNGAN LITERASI MEMBACA BUKU DI
PERPUSTAKAAN PADA GENERASI Z

SINTA 3

Index Akreditasi Jurnal: Sinta 3-4

Tanggal Publikasi: 1 Jul 2024

Abstrak

Abstract

The purpose of this research is to know the intensity and quality of literacy
of Generation Z as well as their interest in reading books in libraries,
because libraries as a medium of scientific development, are now beginning
to not attract the attention of younger generations. This research is
aqualitative research using a phenomenological and descriptive approach
carried out to the 22 people of Generation Z and librarians of the National
Library of RI. This research uses the technique of interviewing and retrieval
of visitors' data that is done directly in National Library RI. The results of
this research show that there are still many generations of Z who are
interested in reading the book either online or physical. As they tend to love
books with fiction categories and technology provides a change that greatly
facilitates Generation Z to explore reading material. This indicates that the
more advanced technology is, the more information will be received by the
general public, re-creating great writers and readers in the country of
Indonesia.

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui intensitas dan kualitas literasi
Generasi Z serta ketertarikan mereka dalam membaca buku di perpustakaan,
karena perputakaan sebagai media perkembangan ilmu pengetahuan, kini
sudah mulai tidak menarik perhatian para generasi muda. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
fenomenologi dan deskriptif yang dilakukan kepada 22 orang Generasi Z
dan pustakawan Perpustakaan Nasional RI. Penelitian ini menggunakan
teknik wawancara dan pengambilan data pengunjung yang di lakukan secara
langsung di Perpustakaan Nasional RI. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa masih banyak Generasi Z yang tertarik dengan membaca buku baik
itu secara online atau buku fisik. Sebagaian mereka cenderung menyukai
buku dengan kategori fiksi dan teknologi memberikan perubahan yang
sangat mempermudah Generasi Z untuk mengeksplore bahan bacaan. Ini
menandakan bahwa semakin canggih teknologi maka semakin banyak
informasi yang akan di terima masyarakat luas, kembali ciptakan para
penulis hebat dan gemar membaca di negara Indonesia.

Keyword

Perpustakaan, Generasi Z, Literasi Membaca, Pendidikan, Digitalisasi

Sitasi

Daftar Pustaka
Adhari, F. N., Hanipah, R., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai
Terhadap Minat Literasi Baca Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mahaguru:
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 36–41.
https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3232
Adriyanto, A. R., Santosa, I., & Syarief, A. (2019). Memahami Perilaku Generasi Z Sebagai
Dasar Pengembangan Materi Pembelajaran Daring. Jurnal Seminar Nasional: Seni,
Teknologi Dan Masyarakat, 2(2013), 165–170.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33153/semhas.v2i0.116
Afdi, M. F. (2018). PERAN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU
PENDIDIKAN DI SMAN 47 JAKARTA. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Anjarningsih, harwintha Y. (2021). “Disleksia-perkembangan” di indonesia: perspektif siswa
dan guru. yayasan pustaka obor indonesia anggota IKAPI DKI Jakarta.
Binanusantara. (2023). MENGENAL GEN Z. Binus Higher Education.
https://parent.binus.ac.id/2023/09/mengenal-gen-z/
BPS. (2020). JUMLAH PENDUDUK GENERASI Z.
https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2/0/0
Bustomi, Y., Gunadi, F. R., & Dewi, R. S. (2023). GERMABUK “GERAKAN MEMBACA
BUKU”: Preventif dalam Meningkatan Nilai-Nilai Literasi Pendidikan melalui
Perwujudan Sekolah yang Berkarakter. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan,
3(2), 196–206.
JURNAL TARBIYAH
Volume 31, Number 1, June 2024, pp. 114-127
Annisa Fajrina & Asnan Purba 125
Dewi Rahayu, R. B. (2023). Strawberry generation: self reward pada mahasiswa antropologi
unimed dalam mengatasi stres akibat tugas perkuliahan. Jurnal Penelitian Pendidikan
Sosial Humaniora, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jp2sh.v8i1.2042
Dr. Drs. Danang Sunyoto, S.H., S.E., M.M., C. B. L. D. M. (2024). MENGASAH GENERASI
Z. In C. G. L. Alfatah Kalijaga, S.T., M.T. (Ed.), Angewandte Chemie International
Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2). CV. EUREKA MEDIA AKSARA.
Gabrille Lianti, I. K. (2023). Berdiri di Tengah Kerapuhan. BPK PENABUR.
https://bpkpenabur.or.id/jakarta/smak-5-penabur/berita/berita-lainnya/berdiri-ditengah-
kerapuhan
Gomes. (2017). Diagnosis Dan Metode Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar Yang
Berkesulitanbelajar Membaca Tahap Permulaan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar,
1(2).
Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi
Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang,
21, 999–1015.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi
dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen
Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Kasali, R. (2018). Strawberry generation: mengubah generasi rapuh menjadi generasi tangguh.
In Mizan.
KBBI. (n.d.). generasi z. badan pengembangan dan pembinaan bahasa.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/generasi z
Kementrian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang
Undang, 18.
Khairani, M. K., Irmayana, I., Mawarpury, M., & Nisa, H. (2022). Nomophobia pada Generasi
X, Y, Dan Z. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 6(1), 20–31.
https://doi.org/10.36341/psi.v6i1.2565
Khoirunnida, F. L., & Yusuf, S. M. (2022). Penguatan Literasi Pembelajaran IPS dalam
Menghadapi Perubahan Sosial Budaya Generasi Z Era 4.0. ASANKA : Journal of Social
Science and Education, 3(2), 131–141. https://doi.org/10.21154/asanka.v3i2.5028
Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). Pengaruh Literasi Membaca Dan Menulis
Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan
Matematika Uinsu Medan Di Era Society 5.0. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 39.
https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244
Maharani, A., Rahmah, M., Anisha, R. F., & Ardi. (2023). Menyiapkan Generasi Z yang
Berkarakter dan Bijak Dalam Penggunaan Teknologi Melalui Pendidikan. Jurnal Ilmiah
Wahana Pendidikan, 9(7), 53–59.
Mansur, A., & Ridwan, R. (2022). Karakteristik Siswa Generasi Z dan Kebutuhan Akan
Pengembangan Bidang Bimbingan dan Konseling. Educatio, 17(1), 120–130.
https://doi.org/10.29408/edc.v17i1.5922
Merdeka, W. (2021). Pastikan Jumlah Perpustakaan, Perpusnas Lakukan Pendataan.
Perpustakaan Nasional RI. https://perpusnas.go.id/berita/pastikan-jumlahperpustakaan,-
perpusnas-lakukan-pendataan
Mufida, S. (2023). INTELIGENSIA GENERASI STROBERI : MEWUJUDKAN SDGs
BERPRINSIP AL-MUSLIMU Al-QAWIYYU. 3, 419–436.
Mustika Wanda, E. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan
Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknologi,
3(12), 1035–1042. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078
JURNAL TARBIYAH
Volume 31, Number 1, June 2024, pp. 114-127
Annisa Fajrina & Asnan Purba 126
Nabella Dananier. (2006). Learning self-determination: Lessons from the literature for work
with children and youth with emotional and behavioral disabilities. 35(4), 327–337.
https://doi.org/10.1007/s10566-006-9020-0
Nur, R. M., Niswaty, R., & Darwis, M. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi Mahasiswa
memilih program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran fakultas ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar, 1–6.
https://doi.org/https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106221
Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi
Masyarakat. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 21–32.
https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3
Permatasari, A. D., Iftitah, K. N., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan Literasi
Indonesia Melalui Buku Elektronik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2),
261. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p261--282
PISA. (2018). PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA)
RESULT FROM PISA 2018.
PISA. (2022). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 : Insights and
Interpretations. In Oecd 2023.
Purba, A., & Kamaluddin, I. (2019). Urgensi Jihad Masa Kini Dalam Perspektif Islam. Jurnal
Ijtihad, Volume 13(2), 131–145.
https://doi.org/https://doi.org/10.21111/ijtihad.v13i1.3228
Putri, H. & B. (2013). Peranan Perpustakaan Dalam Proses Pendidikan: Berdasarkan Sudut
Pandang Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Tenaga Perpustakaan, Dan Siswa Di Sma
Negeri 1 Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan
Kearsipan, 2(1), 331–339. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/2340-0934
Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal
Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437
Rahmawati, R. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk
Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar
Sekolah, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32593
Rakhmah, D. N. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Kemendikbud.
https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apamaknanya-
bagi-pendidikan-kita
Ramadhan, A. (2023). Optimalisasi Literasi Digital Terhadap Generasi Z dan Merekontruksi
Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif SDGs 2030. Literaksi: Jurnal
Manajemen Pendidikan, 01(02), 161–167.
https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.222
Republik Indonesia, U. – U. R. I. N. 40 T. 2009 2009. (2009). UNDANG – UNDANG
REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2009 2009 TENTANG KEPEMUDAAN.
Sahril. (2018). Peran Perpustakaan dalam Menunjang Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6
Makassar. In Skripsi.
Siregar, A. P., Universitas Islam, U., Syekh, N., Hasan, A., & Padangsidimpuan, A. A. (2023).
TERAPI POLA ASUH ISLAMI DALAM MEMPERKUAT KARAKTER REMAJA
STROBERI (Strawberry Generation) Aulia Putri Siregar. Jurnal Pendidikan Agama
Islam, 1(1), 47–62. https://doi.org/https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.130
Stevens, D. (2014). Critical Literacy through Initial Teacher Education in English. Changing
English, Vol. 21, N(November), 37–41.
https://doi.org/10.1080/1358684X.2013.875752
Syahdan, Ridwan, M. M., Amirullah, A. M., & Elihami. (2021). Peranan Perpustakaan dalam
Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’had Manailil Ulum
JURNAL TARBIYAH
Volume 31, Number 1, June 2024, pp. 114-127
Annisa Fajrina & Asnan Purba 127
Pondok Pesantren Guppi Samata. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi,
1(2), 48–65. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/download/2083/658
Wandasari, Y., & Abang, K. S. N. 1 T. (2017). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI
SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER
Yulisa. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 290–303.
https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Wardani, A., Hayati, K., Suprayitno, D., & Hartanto, H. (2023). Gen Z dan Empat Pilar Literasi
Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3995–4002.
https://doi.org/DOI : http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4.1962
we are social. (2024). DIGITAL 2024: 5 BILLION SOCIAL MEDIA USERS. We Are Social.
https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/.

Link Publikasi
https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/3492