• Home
  • Publikasi
  • Madrasah dan Komitmen Keagamaan Masyarakat Kartoharjo, Ngawi, Jawa Timur

Penelitian

Madrasah dan Komitmen Keagamaan Masyarakat Kartoharjo, Ngawi, Jawa Timur

Sinta 5

Tanggal Publikasi: 23 Des 2022

Abstrak

Penelitian ini menghadirkan kajian terkait madrasah sebagai lembaga pendidikan dan agen perubahan masyarakat. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dengan ilmu umum. Madrasah merupakan sinergi sistem pembelajaran pondok pesantren yang dipadukan dengan sistem pembelajaran klasikal ala Barat. Keberadaan Madrasah memiliki arti penting pemberdayaan masyarakat dan perubahan sosial (progress) pada masyarakat Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasar hasil penelitian didapati bahwa “komitmen keagamaan” masyarakat Desa Kartoharjo, Ngawi mengalami perubahan yang signifikan, walaupun secara keseluruhan belum optimal, khususnya pada masyarakat Kartoharjo bagian Tengah dan Barat. Perubahan budaya masyarakat yang terjadi tidak bias dilepaskan dari adanya peran madrasah dalam mendampingi masyarakat terkait pelaksanaan ibadah dan pemahaman keagamaan. Melihat fenomena dilapangan, dapat dilihat bahwa keberadaan siswa dan prestasi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kartoharjo, Ngawi, Jawa Timur mengalami peningkatan yang signifikan.

Keyword

Madrasah; Komitmen Keagamaan; Dukungan Masyarakat

Sitasi

Alawiyah, Faridah. ‘PENDIDIKAN MADRASAH DI INDONESIA’ 5, no. 1 (2014): 8.Chaer, Moh. Toriqul, and Wahyudi Setiawan. Ziarah, Barakah, dan Karamah: Tinjauan Etnografi dan Psikologi Pendidikan Islam. Ponorogo: BuatBuku.com, 2018.Drs. Bakhtiar, M. A. ‘MADRASAH SEBAGAI ALTERNATIF LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MEODERN DI INDOENSIA’. FITRA1, no. 2 (24 July 2018). https://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/12.Hadjon, Edward Thomas Lamury. ‘KAJIAN TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL’, 2019, 22.Kamarusdiana, Kamarusdiana. ‘Studi Etnografi Dalam Kerangka Masyarakat Dan Budaya’. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i6, no. 2 (22 March 2019): 113–28. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i2.10975.‘MI MUHAMMADIYAH KARTOHARJO NGAWI: Profil Sekolah’, 2021. http://mim-kartoharjo.blogspot.com/search/label/Profil%20Sekolah.14Faridah Alawiyah, ‘PENDIDIKAN MADRASAH DI INDONESIA’ 5, no. 1 (2014): 8.

Purba, Suud, Chaer, Misno, Madrasah dan Komitmen Keagamaan MasyarakatAl-Manar:Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam-Volume11, Nomor1, Juni 2002237‘MIS MUHAMMADIYAH KARTOHARJO -Data Sekolah’, 2021. https://data.sekolah-kita.net/sekolah/MIS%20MUHAMMADIYAH%20KARTOHARJO_112373.‘Paradigma Baru Pendidikan Nasional / H.A.R. Tilaar | OPAC Perpustakaan Nasional RI.’ Accessed 10 June 2022. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=671244.‘(PDF) Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi)’. Accessed 13 January 2022. https://www.researchgate.net/publication/323557072_Analisis_Data_Kualitatif_Model_Spradley_Etnografi.‘[PDF] METODE ETNOGRAFI DAN MANFAATNYA MENURUT PARA AHLI -Free Download PDF’, 2018. https://nanopdf.com/download/metode-etnografi-dan-manfaatnya-menurut-para-ahli_pdf.‘Pengertian Interaksi Sosial, Ciri-Ciri, Syarat Terjadi, Dan Ragam Bentuknya’. Accessed 10 June 2022. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5752680/pengertian-interaksi-sosial-ciri-ciri-syarat-terjadi-dan-ragam-bentuknya.‘PERAN MADRASAH DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI DAN BUDAYA | Chaer | Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman’. Accessed 10 June 2022. http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/461.Sanni, Virgina Purnama. ‘ANALISIS SEMIOTIK DISKURSIF ...’, 2007, 35.SenThree, Faiq. ‘Petambayan Dan Paguyuban 1. Paguyuban (Gemeinschaft’. Accessed 10 June 2022. https://www.academia.edu/31116542/Petambayan_Dan_Paguyuban_1_Paguyuban_Gemeinschaft.Surbakti, Ronny Trian. ‘PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN GOLONGAN 1 DI UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN’ 1, no. 2 (2014): 22.Syarifuddin, Nur. ‘MADRASAH SEBAGAI BENTUK TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA’, n.d., 30

Link Publikasi
https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/331