• Home
  • Publikasi
  • Metode Pengajaran Talaqi, Takrir, dan Tasm’i terhadap Hafalan Al-Quran Hafidzpreneur Mahasiswa IAI Tazkia

Penelitian

Metode Pengajaran Talaqi, Takrir, dan Tasm’i terhadap Hafalan Al-Quran Hafidzpreneur Mahasiswa IAI Tazkia

Artikel

  • ISSN: 2745-4312

Index Akreditasi Jurnal: Sinta 3-4

Tanggal Publikasi: 29 Feb 2024

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dalam pencapaian hafalan AlQur'an di antara mahasiswa yang menggunakan metode Talaqi, Takrir, dan Tasm'i di Hafidzpreneur IAI Tazkia. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis dilakukan dengan Anova one-way dan uji Scheffe. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pencapaian hafalan Al-Quran antara ketiga metode tersebut (F hitung = 16,371, F tabel = 3,031, p < 0,001). Penelitian ini mengungkap bahwa metode Tasm'i adalah yang paling efektif dalam mencapai hafalan Al-Quran berdasarkan uji Scheffe. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang jelas antara metode Talaqi, Takrir, dan Tasm'i dalam konteks pencapaian hafalan Al-Quran pada mahasiswa Hafidzpreneur IAI Tazkia.

Keyword

Hafidzpreneur,Talaqi, Takrir, Tasm’i

Sitasi

Cici, & Hadi, S. (2024). Metode Pengajaran Talaqi, Takrir, dan Tasm’i terhadap Hafalan Al-Quran Hafidzpreneur Mahasiswa IAI Tazkia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1165-1174. https://doi.org/10.58230/27454312.480

Link Publikasi
https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/480