• Home
  • Publikasi
  • PROSES SOSIALISASI PADA PROGRAM MATRIKULASI BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT MAHASISWI I NSITITUT AGAMA ISLAM TAZKIA

Penelitian

PROSES SOSIALISASI PADA PROGRAM MATRIKULASI BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT MAHASISWI I NSITITUT AGAMA ISLAM TAZKIA

Penelitian

  • ISSN: 1907-8285

Index Akreditasi Jurnal: Sinta 5-6

Tanggal Publikasi: 21 Mei 2024

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam membentuk kepribadian individu dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Individu yang memiliki peran sebagia mahasiwa/i memiliki tugas utama sebagai agent of change yakni menjadi pusat perubahan dalam sebuah lingkungan Kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, temperamen, ciri-ciri khas dan prilaku seseorang. Sikap, perasaan, ekspresi dan tempramen itu akan terwujud dalam tindakan seseorang jika dihadapkan pada situasi tertentu. Kesatuan sikap, perasaan, ekspresi, tempramen dan perilaku seseorang tentunya akan berbeda antara laki-laki dan Perempuan yang cenderung ekspresif dalam menunjukkan emosinya sehingga konflik antar satu dan lainnya mudah terjadi yang tentunya akna menghambat proses sosialisasi khususnya bagi mahasiswi yang memiliki kecenderungan introvert.  Subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswi IAI Tazkia yang memiliki kecenderungan tipe kepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari 5 tahapan sosialisai 57% mahasiwi masih dalam tahap Penerimaan dimana dalam tahap ini individu masih terfokus untuk dapat menerima norma-norma sosial yang ada di sekitar asramanya. Hasil ini menunjukkan perlu adanya pendampingan khususnya bagi mahasiswi yang introvert agar dapat berhasil dalam bersosial.

Keyword

Sosialisasi, Kepribadian, Introvert

Sitasi

Abdullah, N. N., & Nasionalita, K. (2018). (Studi Pada Program Diseminasi Informasi Melalui Media Jukrak. PENGARUH SOSIALISASI TERHADAP PENGETAHUAN PELAJAR, Vol. 6

Alam, L. (2016). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalan Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus . Istawa: Jurnal Pendidikan Islam

Ansori, A. (2020). Kepribadian dan Emosi . Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara

Bahasa, B. P. (2023, April 30). KBBI Online. Jakarta, Jakarta, Indonesia. Retrieved from KBBI .

Babbie., E. (1975.). The Practice of Social Research. Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.: Cengage Learning.

Dananier, N. (2022). Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi Islam Berbasis Boarding School Institut Agama Islam Tazkia. Al Mabsut Jurnal Studi Islam dan Sosial , 151-167.

Erikson, E. (1950). Childhood and Society. New York City, Amerika Serikat.: W. W. Norton & Company

Giddens, A. (2001). Sociology. Cambridge, Inggris.: Polity Press.

Gita Maharani Swastika, E. P. (2021). Perbedaan Regulasi Emosi Berdasarkan Jenis Kelamin dan Rentang Usia padaRemaja dengan Orangtua Bercerai. Jurnal Psikologika

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis . Dimasejati

Jamil, M. (2012). KEPUASAN INTERAKSI SOSIAL LANSIA DENGAN TIPE KEPRIBADIAN. Jurnal Keperawatan

Jusar, I. R. (2023). Pendidikan dalam Teori Proses Sosialisasi di Sekolah Dasar. Jurnal BasiceduMas'oed., M. (2011). Sosiologi Kontemporer: Teori, Isu, dan Aplikasi. Jakarta, Indonesia.: PT RajaGrafindo Persada.

Maragustam. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana FTIK Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Mas'oed., M. (2011). Sosiologi Kontemporer: Teori, Isu, dan Aplikasi. Jakarta, Indonesia.: PT RajaGrafindo Persada.

Monique Hennink, I. H. (2020). Qualitative research methods. London: SAGE.

Muchlis, A. F. (2023). Metode Penelitian Survei-Kuesioneruntuk Kesesakandan Privasi pada Hunian Asrama. JURNAL LINGKUNGAN BINAAN INDONESIA

Mufida, S. (2012). Perbedaan Burn Out ditinjau dari Gaya Kepribadian Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. . Journal of Social and Industrial Psychology

Munawwirah, Z. (2023). Peran Perguruan Tinggi Dalam Rangka Penguatan Karakter Kejujuran Pada Mahasiwa . Universal Grace Journal

N Maragustam. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana FTIK Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Olievia Prabandini Mulyana, d. (2020). Perbedaan Regulasi Emosi Ditinjau dari Jenis Kelamin Mahasiswa. Prosiding Berkala Psikologi

Rasyidah, E. Y. (2016). The Development Material of Personality Type by Hans J. Eysenck for Senior High School Students. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Saputra, S. Y. (2017). Permainan Tradisional VS Permainan Modern dalam penanaman nilai karakter di Sekolah Dasar . Elementary School Education Journal

Sarwono, S. W. (2013). Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta, Indonesia.: Rajawali Press

Sjarkawi. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tazkia, T. A. (2019). Academic Guide . Bogor: Tazkia Academic.

Viyo, K. J. (2024). Kesadaran akan identitas sadaran akan identitas makhluk social dalam diri manusia untuk membangun persudaraan dan dialog "Tanpa Batas" Refleksi Kritis tentang Persaudaraan dan Persahabatan Sosial dalam Ensiklik Fratelli Tutti. Logos: Jurnal Filsafan dan Teologi, 39-47.

Link Publikasi
https://jurnal-stainurulfalahairmolek.ac.id/index.php/ojs/article/view/113/119