Nabella Dananier, S.Sos.I, M.Pd

Nabella Dananier, S.Sos.I, M.Pd

Tadris IPS
Biografi

Peneliti LPPM IAI Tazkaia, BIdang Pendidikan, Konseling Pendidikan

5

Penelitian

0

Pengabdian Masyarakat

Penelitian

Tanggal Publikasi: 11 Nov 2019

EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI

Penelitian ini berangkat dari permasalah lapangan dimana terdapat kasus bulliying sebagai salah satu cara bagi para remaja untuk mendapatkan pengakuan dari kelompok sosialnya. Keputusan dalam memilih cara-cara yang merugikan untuk menunjukkan eksistensi diriya, pada dasarnya merupakan salah satu sikap yang tidak bertanggung jawab dan dicirikan sebagai salah satu perilaku determinasi diri yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Bimbingan Dan Konseling Cognitive Behaviour Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Determinasi Diri Siswi Mts Nurul Ummah Kota Gedhe Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Bimbingan dan  Konseling CBT dapat meningkatkan determinasi diri siswi MTs. Nurul Ummah, Yogyakarta. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang siswi dengan determinasi diri rendah yang tinggal dalam asrama sekolah. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Time Series Desaign. Alat pengumpulan data yaitu skala Determinasi Diri hasil dari modifikasi skala milik Seivi dengan menambahkan beberapa item yang mengacu pada teori Deci dan Ryan serta disesuaikan dengan subjek yang diteliti. Analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test dengan program SPSS 16.00  for windows, diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) atau p=0,042, dimana p= 0,01 < p< 0,05. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata 4 kali pre pretest dan rata-rata 4 kali posttes Determinasi Diri siswi MTs. Nurul Ummah Yogyakarta. Berdasarkan hasil perhitungan statistik ini berarti Bimbingan dan Konseling CBT efektiv untuk meningkatkan Determinasi Diri siswi MTs. Nurul Ummah Yogyakarta. Maka, hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diterima atau terbukti. Hal ini mengindikasikan bahwa Semakin efektif proses Bimbingan dan Konseling CBT, maka akan semakin meningkatkan Determinasi Diri pada siswi MTs Nurul Ummah Yogyakarta.

Penelitian

Tanggal Publikasi: 25 Des 2021

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD HYPNOTHERAPY

Islamic law is basically a universal law that can be applied without being constrained by time. The elasticity of Islamic law provides answers to every phenomenon that arises so that Islamic law will always be relevant to be applied anytime and anywhere and there is no doubt that Islamic law is eternal. Lately there are many alternative treatments commonly called hypnotherapy. Hypnotherapy is a method of treatment using hypnotic patterns. Hypnotherapy in its development continues to undergo modifications from its practitioners, because each hypnotherapist has values that make it unique. The review of Islamic law on hypnotherapy contracts aims to find out the truth about the practice of hypnotherapy, especially in the PPT Counseling and Psychotherapy Clinic in Yogyakarta. In this study using qualitative methods with data collection through interviews and documentation. The primary informants in the study were hypnotherapists and clients who had undergone hypnotherapy. The data obtained is then analyzed by relating it to Islamic law. The application of the contract in hypnotherapy at the PPT Counseling and Psychotherapy Clinic in the Yogyakarta area does not violate sharia principles. This is because the contract that occurs in hypnotherapy is fulfilled properly. In addition, there is no element of coercion at all, because the hypnotherapy they undergo requires a voluntary state from the client to facilitate the hypnotherapy process

Penelitian

Tanggal Publikasi: 18 Sep 2022

 PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM BERBASIS BOARDING SCHOOL INSTITUT AGAMA ISLAM TAZKIA

The diverse culture of IAI   Tazkia students is a separate demand for the campus in implementing a borading school-based education program. The low sense of social sensitivity as a result of the use of gadgets in generation Z (currently at the age of high school and college) makes intolerance more visible among students. This will be a difficult thing for students studying at the IAI  Tazkia boarding school. So the campus needs to provide program content or activities that contain the values ​​of multiculturalism. The method in this study uses a qualitative description method with data collection through interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that IAI Tazkia, especially in the Tadris Podi that the researchers studied, there are 7 programs that contain multicultural education which includes: courses on multicultural education and community development, SDS or student dynamic sessions, hidden curriculum, the academic community and the campus environment that supports education. multicultural activities in the campus area, student organizations, student appreciation programs, competitions in matriculation programs.

Penelitian

Tanggal Publikasi: 11 Okt 2020

KAJIAN NAFS DALAM AL-QUR’ AN SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Al-Qur’an akan terus menjadi pedoman terbaik dalam kehidupan manusia. Bukti-bukti akan arahan yang terbaik itu akan terus mengalami kajian-kajian agar penerapannya menjadi lebih baik bagi manusia. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT tentu terdapat sisi yang membedakan dengan makhluk lainnya.Nafs sebagai bagian dari fitrah penciptaan manusia sudah pasti juga terdapat dalam al-Qur’an. Penyerapan makna yang terkandung dalam fitrah tersebut menimbulkan berbagai pengertian nafs dalam al-Qur’an, dan membuat kajian tentang nafs menjadi sangat menarik untuk diperdalam. Apalagi ketika dihadapkan dengan bidang kajian psikologi pendidikan Islam sertaimplementasinyadalam konsep keilmuan Bimbingan dan Konseling. Dengan demikian, konsep-konsep nafs sangat terkait dengan beberapa pendekatan Bimbingan dan Konseling terutama pada pembahasan teori kepribadian yaitu, psikoterapi yang terkait dengan insting manusia yaitu peran dari id, ego dan superego. Frankl mempunyai konsep yang dinamainya dengan kebermaknaan hidup, yang kemudian bermakna bahwa hidup memang hanya untuk satu tujuan yaitu bermuara pada satu Dzat yang Maha Sempurna yaitu Allah. Sehingga akan muncul suatu pelaksanaan Konseling yang kaya akan pendekatan psikologi yang sangat identik dengan nilai-nilai ke-Islaman.

Penelitian

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2021

BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN TIME MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SELFREGULATED LEARNING MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NGAWI TAHUN 2020/2021

Students basically have good knowledge and skills if they are able to organize themselves. Most of the second semester MPI students of IAI Ngawi are already working and living in Islamic boarding schools which have a lot of religious activities in them. So that students’ academic self-regulation is not good because they have not been able to manage their time optimally. This shows the lack of student self-regulated learning. To overcome this, group guidance or group guidance using the Time Management approach is one form of effort used to assist students in improving their academic self-regulation. From the results of this study, it is known that group guidance with a time management approach is able to improve self-regulated learning for second semester MPI students. The implementation of group counseling with a time management approach begins with prioritizing important tasks, developing plans, continuously monitoring deviations, and finally reducing pressure on the schedule. Meanwhile, academic self-regulation begins with recognizing and discovering one’s potential, ending with building a group to grow together. group counseling with a time management approach, students succeeded in improving their academic selfregulation as evidenced by data from interviews and documentation of increasing student discipline in collecting assignments.